Thursday 10 January 2008

Atomium

Seperti biasa di hari Rabu, jam 12.15 siang nganter Marc terapi. Kali ini terapi nya gue liat gak terlalu ketat. Jadi Marc banyak becanda sama gue di ruangan. Biar gak stress juga lah Marc kalo serius mulu tampangnya saat diterapi.
Dari terapi nyempetin makan siang sebentar di deket situ. Ada kedai kentang gitu, nama Perancisnya sih friteries, orang Amerika bilang french fries (de'ilah...ribet amat cuma mau ngomong kentang goreng aja he he he....).Cuma di Belgia, kedainya nih kayak mobil caravan gitu. Tapi agak besar dikit. Selain kita bisa pesen kentang goreng tadi, tersedia juga sajian lainnya selain hamburger dan hot dog. Misalnya ada nugget, terus sate chicken bumbu teriyaki, lumpia, macho, dan lain-lain. Sausnya juga macem2. Selain mayonaise dan saus tomat, ada curry, american sauce, salsa, dan lain2. Banyak banget deh. sampe gak apal gue. Cuma, saus nya harus beli. Gak bisa gratis kayak di Jakarta. Sebenernya gak sehat sih makan siang kayak gini, cuma karena kita maunya cepet2 makan (karena selain udah siang, perut juga udah laper). Kalo mampir restaurant kan lama ya, pesen dulu, nunggu dulu, keburu pingsan.

Kelar makan, jalan2 ke Antomium deh. Sebenernya tahun lalu udah ke sini, tapi berhubung masih dalam perbaikan gak bisa liat ke dalam. Nah, tahun ini katanya udah bagus. Makanya kita penasaran. Waktu awal2 turun dari mobil, keliatan bangunan antomiumnya keren banget. Bagus. Kokoh. Gitu juga ruangan depan tempat turis antri untuk naik ke atas. Oya, tiket masuknya cukup mahal juga. Satu orang 9 euro. Tempat pembelian tiketnya berada di bangunan yang berbeda dengan antomiumnya. Hari itu gak banyak orang datang. Bisa dihitung jari. Sekitar 20 orang. Mungkin karena hari kerja ya, anak2 sekolah juga udah pada masuk dari libur Natal dan tahun baru. Pertama-tama kita naik lift menuju ruang paling atas dari antomium ini. Di sini kita bisa melihat pemandangan keseluruhan kota Bruxelles. Di ruangan atas itu juga ada layar TV yang berfungsi sebagai teropong, yang ada zoomnya. jadi bisa liat dari dekat bangunan yang jauh di hadapan kita. Di atas ruangan ini ada kafenya juga. Jadi bisa lebih nikmat lagi melihat pemandangan sambil makan.Dari situ kita merambah ke ruangan lainnya. Antomium itu kan bentuknya berupa bola-bola atom yang besar, jadi kita masuk ke masing-masing bola atom itu. Di dalamnya gak terlalu istimewa sih. Cuma ada rekaman video di layar lebar tentang pembuatan antomium di sekitar tahun 1958, juga ada pameran furniture bergaya kontemporer.

Yang menarik justru perjalanan menuju satu ruangan ke ruangan lain. Karena ada satu eskalator yang panjaaang....banget! Sampe ngeri deh liat ke atasnya karena panjang. Giliran turun eskalator ke bawah, terus terang gue gak berani. Tapi karena gak boleh pake lift, akhirnya gue beraniin deh. Gue hanya liat pijakan pertama, terus langsung menghadap ke atas, gak mau ke bawah. Karena curam banget. Dengkul sampai gemeter. Tapi phobia harus dilawan kan. Meski sumpah saat itu takuuut...banget! Sialan deh itu atomium. Anyway...gak papa deh ya buat pengalaman. Tapi buat rekomen, kayaknya tempat ini bagus untuk dipake potret2 di luar aja. Gak usah masuk ke dalam, karena isinya gak terlalu menarik buat gue. Mendingan ke pameran lukisan atau Grand Place sekalian di pusat kota.

No comments: