Tuesday 1 January 2008

Tanpa Kembang Api

Tahun Baru di Belgia kali ini sepi. Kalo biasanya ada pertunjukkan kembang api yang bagus banget di Grand Plaza, tahun ini ditiadakan. Ini dikarenakan Pemerintah Belgia beberapakali dapet ancaman teror, bahwa akan ada ledakan bom, khususnya di Bruxelles oleh kelompok teroris. Jadi ya, kali ini sepi deh tanpa kembang api yang besar. Tapi di beberapa ruas jalan atau area apartemen pribadi, ada yang nyalain kembang api sendiri. Ini gak dilarang, karena bukan merupakan pusat dimana orang-orang kumpul.
Tanggal 31 siang, sehabis lunch, gue pergi ke supermarket untuk persiapan dinner nanti malam. Sampe di sana, ampuuunn....orang buanyak banget yang pada belanja. Gak seperti biasanya. Sampe mau jalan aja senggol-senggola trolly-nya. Semuanya pada belanja untuk bersiap-siap bertahun baru dengan nyajiin makanan spesial.
Yang gue liat makanan laut laris banget di beli, terutama red lobster yang gede-gede itu. Juga sajian makanan Jepang yang udah jadi. Meski makanan lainnya juga tetap jadi pilihan. Wine dan champagne juga laris banget. Soalnya malam ini orang akan memilih wine dan champagne yang terbaik dari yang biasanya mereka minum. Meski mahal, mereka akan tetap beli. Iyalah, kan tahun baru gak dua kali dalam setahun.
Biasanya masyarakat sini merayakan tahun baru dengan dinner bersama teman-teman atau keluarga dekat, lalu jelang jam duabelas malam, mereka bergegas ke pusat kota untuk ngerayain pergantian tahun dengan kembang api. Buat anak mudanya, abis acara kembang api, mereka langsung ke club tuh buat minum lagi or dansa-dansi deh sampe pagi. Asiknya kalo ada yang mabuk dan gak bisa nyetir mobil untuk pulang, di sini ada organisasi namanya Young Responsible Drivers yang melayani untuk mengendarai mobil si anak muda tadi untuk sampai ke tempat. Tinggal telpon, mereka akan atang. Hal ini mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya. Bagus juga ya idenya?
Gue dan Marc mutusin untuk dinner aja berdua. Abis mau keluar juga gak ada kembang api dan perayaan yang besar; gara2 teror itu tadi. Kita barbeque-an aja berdua. Ada udang, salmon, baby octopus, dan satu jenis ikan Afrika yang gue gak tau namanya. Apetizernya tortilla aja pake saus avocado itu he he he....Sedangkan makanan penutupnya keju! Hmmm.....gue suka banget. Ada 5 macam keju yang dihidangkan malam itu. Cuma satu yang gue gak doyan, keju yang baunya gak banget deh. dari susu kambing tapi diolahnya sedemikian rupa, jadi baunya malah bikin eneg.
Oya, karena ini malam tahun baru, Marc ternyata nyiapin juga makan malam spesial buat kucingnya. Dia beli special beef. Biasanya mereka kan makan makanan kucing. Begitu disajiin, wah... seneng banget tuh 2 kucing gendut makannya. He he he...lucu ngeliatinnya.
Lebih lucu lagi, gak sampe jam duabelas teng, gue malah udah ngantuk. Kita malah ngucapin happy new year nya saat teng waktu Indonesia. 6 jam lebih dulu ha ha ha....
Gak papa deh ya, yang penting bukan batas waktunya, tapi esensinya. Well, wishing we all the best in 2008.

No comments: